Bikin surat dari LaTeX

800px-latex_logoIseng-iseng mau nulis surat ke Ipink adik saya yang baru saja keterima kerja di perusahaan tambang. Kali ini saya menggunakan LaTeX. Berikut sintaks dan isi suratnya menggunakan LaTeX. LaTeX sendiri lebih banyak digunakan untuk penulisan jurnal ilmiah, skripsi, tesis serta disertasi. LaTeX memberikan kemudahan untuk penulisan rumus matematik yang kompleks serta sejumlah kelebihan penggunaan LaTeX ini. Silahkan dieksplorasi  lebih lanjut tentang LaTeX ini.

————————————————————————————————————————————————–

\documentstyle{letter}
\signature{Best Regards, \\ Askari Azikin \\ e-mail:kari@kawananu.com \\ weblog:http://blog.kawananu.com/blog}
\begin{document}
\begin{letter}{Ipink \\ Jl. Banta-bantaeng Lr. 9 No. 90

\\ Makassar, Sulsel 90222}

\opening{Hallo Ipink,}

Selamat sudah diterima di perusahaan baru semoga betah di sana.
\closing{}
\end{letter}
\end{document}

————————————————————————————————————————————————–

Kemudian konversi ke file PDF dan hasilnya sebagai berikut.

March 24, 2009

Ipink
Jl. Banta-bantaeng Lr. 9 No. 90
Makassar, Sulsel 90222

Hallo Ipink,
Selamat sudah diterima di perusahaan baru semoga betah di sana.

Best Regards,
Askari Azikin
e-mail:kari@kawananu.com
weblog:http://blog.kawananu.com/blog

Tulisan yang belum rampung juga

vi-emacs2Karena tidur lebih awal sehingga mata sudah tidak bisa terpejam lagi setelah jam 2 malam. Buka komputer sekalian berselancar di dunia maya. Awalnya mau melanjutkan tulisan tentang Emacs editor tapi belum dapat momentumnya. Malah keasyikan blogwalking dan ngeblog juga, akhirnya dapat deh satu tulisan ini. Walaupun ngk bermutu tapi tidak apa-apa. Siapa tahu setelah tulisan ini ter-upload malah momentum itu bisa saya dapatkan lagi untuk melanjutkan tulisan. Semalam keinginan buat menulis begitu tinggi tapi badan ini rasanya terlalu capek sehabis kerja. Baca buku gola gong yang penulis beli di Bandung malah tertidur dan bangun-bangun waktu sudah menunjukkan pukul 2 subuh.

Oh iya, emacs ini adalah tulisan saya yang terakhir dalam buku tersebut, jadi setelah emacs rampung berarti buku tersebut sudah rampung setelah tersendak-sendak dari tahun 2004. Malah sudah banyak tulisan dari buku tersebut yang sudah lawas alias ketinggalan jaman, Jadinya malah dibuang begitu saja. Buku ini juga dapat kata pengantar dari Pak Onno W. Purbo. Apa beliau masih ingat tidak ya tentang kata pengantar buku saya yang beliau buat tahun 2004?. Saya sendiri tidak yakin karena begitu sibuknya bapak Onno W. Purbo. Nanti kalau buku ini sudah dinyatakan akan diterbitkan oleh penerbit akan saya email beliau sebagai konfirmasi balik tentang kata pengantar beliau di buku saya.

Tetap semangat untuk menulis..

Sumber gambar: http://www.io.com/~dierdorf/vi-emacs2.jpg

Free Training IMovie-ZOOM PVJ Bandung

ilifeMinggu ini libur panjang karena cukup ngambil 1 hari (Jumat) berarti hari liburnya dari kamis hingga minggu, asyik bukan?. Saya sendiri pastinya akan menghabiskan waktu libur ini di Bandung bersama keluarga. Mungkin akan dihabiskan untuk melanjutkan tulisan yang belum rampung-rampung juga. Selain itu dapat tawaran training gratis iMovie dari Zoom. Dan syukurnya lagi istri bisa ikut juga jadi dapat 2 tiket gratis untuk training. Lumayanlah..

Acaranya hari sabtu jam 3 sore jadi sekalian bisa jalan-jalan sambil nunggu trainingnya di PVJ. Berbicara tentang ZOOM, penulis sendiri merasa sangat puas dengan pelayanan pra dan pasca pembelian product Apple di sana. Malah seharusnya untuk training sendiri harusnya cuma berlaku untuk 1 orang tapi setelah nego sama staff ZOOM akhirnya boleh untuk training berdua.

Makanya kalau pembaca yang ingin membeli product Apple di Bandung,, saya sangat menyarankan untuk datang ke ZOOM di Paris Van Java (PVJ) saja. Nice..

Sumber gambar: http://fishtrain.com/

Nama-nama Rilis Debian GNU/Linux

toy-story-ii-cast-4900352Tahukah Anda tentang rilis distribusi Debian GNU/Linux diambil dari mana? Apakah Anda kenal dengan Hamm, Potato, Buzz, Sid, Lenny, Sarge, Woody?. Nama-nama rilis dari Debian GNU/Linux ini diambil dari film animasi kartun berjudul Toy Story  yang dibuat dengan teknologi Computer generated imagery (CGI). Film ini dibuat oleh Pixar dan dirilis oleh Walt Disney Pictures dan Buena Vista Distributin di Amerika Serikat pada tanggal 21 Nov 1995 dan di Britania Raya pada tanggal 22 Maret 1996.

Toy Story adalah film panjang dengan gambar buatan komputer pertama yang dirilis Disney, bahkan dikatakan sebagai yang paling pertama. Cerita tentang film ini berkisar tentang petualangan mainan yang digambarkan bisa hidup jika tidak ada orang.

Sekuel film ini, Toy Story 2, dirilis pada 1999. Video Buzz Lightyear of Star Command: The Adventure Begins dan serial televisi Buzz Lightyear of Star Command yang dirilis pada 2000menceritakan petualangan Buzz Lightyear, salah satu mainan dalam Toy Story.

Tokoh-tokoh mainan dalam film Toy Story ini seperti Woody adalah salah satu dari sekumpulan mainan di rumah Andy. Ia dan teman-temannya sangat resah karena Andy berulang tahun yang berarti ia akan mendapat hadiah dan ada kemungkinan mainan yang lama akan dilupakan. Satu-satunya hadiah mainan untuk Andy adalah Buzz Lightyear, sebuah tokoh petualangan luar angkasa. Kedatangannya mengundang kekaguman mainan lain dan kecemburuan Woody. Berbagai atribut Woody di kamar Andy juga diganti dengan pernak-pernik Buzz, selain itu, Buzz belum sadar bahwa ia adalah mainan. Dan tetap menggangap ia petualang luar angkasa dan menganggap bahwa sayap dan penembak lasernya adalah asli.

Saat kecemburuannya memuncak, terjadi sebuah masalah. Buzz terlempar keluar dan para mainan meminta Woody bertanggung jawab. Buzz dan Woody pun melewati petualangan yang menegangkan untuk kembali bersama teman-temannya, yang berada dalam truk pindahan karena Andy akan pindah rumah.

Untuk versi unstable Debian GNU/Linux biasanya dinamai dengan Sid. Karakter penokohan Sid ini digambarkan sebagai manusia yang jahat dan sering menyiksa mainan.

Pengisi suara

Mainan

Manusia

 

Tulisan ini dikutip/disalin dari situs “http://id.wikipedia.org/wiki/Toy_Story”.