Alhamdulillah buku berikutnya tentang Debian GNU/Linux sementara dalam proses penerbitan oleh Informatika Bandung. Cukup panjang saya mempersiapkan buku tersebut yakni dari tahun 2004 dan tentu saja isinya terus di-update sesuai dengan perkembangan Debian GNU/Linux. Buku tersebut saya tulis saat masih kuliah tingkat akhir di kampus dulu namun baru selesai di tahun ini 2010.

Buku tersebut terdiri dari 21 bab dengan rincian: Pendahuluan, Instalasi Debian GNU/Linux, Instalasi paket software, Sistem file GNU/Linux, Linux shell, Konsep dasar jaringan, server berbasis GNU/Linux (DNS server, Web server, FTP server, E-mail server, OpenLDAP, Samba server, web proxy caching dengan squid, DHCP server, Nagios, bacula), koneksi Internet, Membangun blog dengan WordPress/Joomla/Drupal, Pemrosesan kata, Manajemen group, user dan hak akses, kompilasi kernel, K desktop environment, sekuriti dasar Debian GNU/Linux, Repository Lokal Debian GNU/Linux, Sistem Boot, Stream dan Sed, Pengolahan grafik dengan command line, partisi hardisk, Editor Linux, Tex/LaTeX. Total keseluruhan halaman 548.

Uncategorized

12 Thoughts on “Buku Debian GNU/Linux”

  • Alhamdulillah…
    Bagaimana saya bisa mendpatkan buku ini…saya sangat berminat untuk pembelajaran.
    Trimakasih

  • sementara dalam proses revisi kembali sebelum diterbitkan karena versi stabil untuk Squeeze sudah akan rilis dalam beberapa bulan kedepan sementara pembahasan dalam buku tersebut adalah Debian Lenny. Untungnya penerbit memberi waktu untuk revisi.

    Terima kasih

  • Salam kenal…..

    Saya merupakan penggemar Debian, saya ingin belajar lebih jauh tentang Debian tapi saya tidak punya buku panduan untuk belajar Debian,saya sangat senang jika ada yang membuat buku tentang Debian apalagi kalau bukunya pakai bahasa indonesia…..

    Trims….

  • klo boleh, saya juga ingin informasinya dong.. 🙂

    saya rencana mau pakai linux di server dan masih butuh banyak referensi..

    mohon bantuannya..
    thanx

  • First at all …..
    Bravo for your new Debian book release

    I do so proud of you my little friend, i could hardly believe that you are growing to be a debian master.

    He…he….he…..!

    Boby, gua diinfo via email ya klo bukunya dah release…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *