Rumah kami bersebelahan dengan pantai east coast yang dipisahkan oleh jalan saja.

Sudah 4 tahun tinggal di Singapura tapi belum pernah sekalipun melihat seperti apa sih orang-orang sini menghabiskan malam tahun baru masehi. Saya pun penasaran dan ingin melihatnya.

Kali ini saya mengajak istri dan anak-anak ke pantai sekitar jam 10-an malam sambil membawa bekal makan malam kami yg sedikit tertunda tadi.

Tepat pukul 12:00 dini hari ini, kami melihat kemeriahan orang-orang menyambutnya. Kami sendiri menganggapnya sebagai pergantian hari seperti biasa saja.

Yang berbeda adalah usia yang terus bertambah. Semoga keberkahan hidup tercurahkan buat hamba, orang tua, istri dan anak-anak serta ummat Nabi Muhammad SAW sampai akhir zaman nanti. Aaamiiin..

Di atas hamparan tikar menunggu makan malam disediakan oleh istri.

Anak saya yang laki-laki sedang asyik menyantap makan malamnya. Terlihat begitu lahapnya menyantap sate, sosis, terong balado, dan nasi.

Setelah makan, mereka pun bermain pasir pantai ditemani lampu petromaks.

Anak laki-laki saya bergaya di atas sepedanya.

Beginilah pemandangan pantai east coast di malam tahun baru masehi tahun ini. Di samping kami duduk sekumpulan orang India juga menggelar tikar untuk menikmati cemilan-cemilan yang mereka bawa. Begitu seriusnya mereka mengobrol entah apa yang mereka obrolkan. Sementara bergeser sedikit ke bibir pantai, terlihat sepasang muda-mudi berduaan sambil memandangi hamparan laut dan kapal-kapal yang sedang parkir di dermaga.

Istri dan anak-anak minta dibelikan ice cream di Mc Donalds yang tempatnya memang tidak terlalu jauh dari tempat kami menggelar tikar. Setelah memesan lewat self service machine atau apalah namanya, kami harus menunggu sekitar 15 menit sampai pesanan kami siap diambil.

Sambil menikmati ice cream tadi, kami pun memandangi kembang api di langit Singapura. Sekali lagi, kami menekankan ke anak-anak bahwa ini bukan merayakan tapi sekedar ingin tahu bagaimana malam tahun tahun masehi di Singapura ini.

Tepat pukul 12:15 tengah malam, kami pun bergegas pulang ke rumah untuk istirahat.

Singapore, 1 January 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *