Memvisualisikan data ke dalam grafik sangat membantu kita untuk menganalisa sesuatu salah satunya mengukur kualitas jaringan IP dari satu server ke server yang lain.

Ada kebutuhan kantor untuk memonitor apakah selama masa stability period dari cloud selama dua minggu kedepan tidak ada packet yang drop.

Project Manager meminta saya untuk membuatkan program untuk keperluan di atas.

Untungnya sudah membuat beberapa program sejenis sehingga tinggal modifikasi kode program sebelumnya untuk keperluan ini. Tidak perlu membuat script/program dari awal.

Programnya cukup sederhana saja. Seperti biasa menggunakan Perl dan software tambahan untuk visualisasi data ke grafik. Software Gnuplot lah yang saya gunakan. Hasilnya seperti gambar di atas. Menarik bukan?

Alur programnya kira-kira seperti ini:

  1. Ping test berjalan secara berkesinambungan dalam jangka waktu tertentu sebut saja satu minggu. Caranya yakni menjalankan program Perl yang berisi perintah untuk menjalankan ping selama 24 jam. Parameter ping yang bisa dipakai adalah -c (count) yang bisa diset 60×60×24 = 86400. Untuk mengontrolnya menggunakan cronjob.
  2. Program Perl ini akan menghasilkan file keluaran tiap hari dalam format tar.gz.
  3. Dari data keluaran program ini dilakukan post processing lagi sampai menghasilkan grafik di atas.

Sederhana bukan? Setelah dua hari berjalan saya sudah bisa melihat trend dan karakteristik dari masing-masing virtual machine (VM) yang ada. Tapi sejauh ini saya tidak melihat ada request timeout (rto) atau drop packet.

Akan diobservasi lagi setelah beberapa hari ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *