Di grup whatsapp teman-teman alumni SMP dulu mengirimkan beberapa photo jadul. Yang sebelah kanan saya buat blur karena teman-teman perempuan saya sudah pakai jilbab jadi tidak sepatutnya terlihat tanpa jilbab saat ini.

Dari sebelah kanan ke kiri: Saya (Askari Azikin), Echa, Pak Rasyid (guru matematika kelas 3), Ietha, Mujahidah, Elisabeth.

Pak Rasyid merupakan salah satu guru matematika terbaik yang saya pernah belajar matematika dengan beliau selain guru-guru yang lain tentunya.

Saya masih ingat bagaimana beliau menjelaskan dengan sangat baik sehingga mudah untuk dipahami oleh semua murid-muridnya. Tapi jangan tanya galaknya seperti apa, kalau saja saat ini beliau masih aktif mengajar kelihatannya akan dikategorikan sebagai ‘guru pelanggar hak asasi siswa’. Tapi di jaman kami dahulu mendapat hukuman dari guru adalah sesuatu yang wajar dan orang tua di rumah pun tidak mempermasalahkan itu karena mengambil sisi positif lain bahwa sang anaklah yang justru harus lebih disiplin lagi dalam belajar.

Singapore, 30-May-2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *