Hafalan saya tidak kuat dan cepat lupa akan sesuatu terutama yang berhubungan dengan kode bahasa pemrograman atau perintah-perintah Unix atau Linux.

Selain itu, untuk case-case bahasa pemrograman berulang dalam artian penyelesaiannya sama dengan sebelumnya, saya akan sangat mudah menemukannya di buku-buku tersebut.

Hampir semua case yang ada di buku karangan saya memang pengalaman pribadi baik itu yang berhubungan dengan pekerjaan kantor yang saya buat lebih umum ataupun pengalaman mengelola server ini.

Inilah latar belakang mengapa saya suka menulis buku dan juga weblog selain tentunya ingin berbagi atau bermanfaat ke orang lain dalam bentuk ilmu dengan tujuan dapat menjadi amal jariyah nanti insya Allah.

Aktifitas menulis buku saya mulai di tingkat-tingkat akhir kuliah sebenarnya. Tepatnya saat menjadi asisten lab di kampus dulu. Waktu itu sering mengadakan pelatihan sistem operasi GNU/Linux dan diharuskan membuat modul-modul pelatihannya. Dari modul-modul pelatihan ini saya berpikir bagaimana ya bisa menerbitkan buku di penerbit seperti Andi Offset Yogyakarta, Elex Media Jakarta, atau Informatika Bandung.

Saat itu memang lagi hangat-hangatnya sistem operasi yang free/opensource yakni GNU/Linux.

Banyak sekali buku-buku Linux dan majalah yang terbit saat itu. Saat ke toko buku saya baca semuanya sambil mencari tahu bagaimana cara menerbitkan buku tersebut.

Setelah dapat informasi kemana harus menerbitkan buku, saya selesaikanlah draf bukunya dan setelah rampung saya berangkat ke Jogyakarta untuk berkunjung langsung ke penerbit Andi Offset. Di Jogya saya menginap di rumah Opek adik angkatan di program beasiswa yang berangkat ke Bandung.

Singkat cerita, buku saya akhirnya diterima dan diterbitkan oleh Andi Offset Yogyakarta. Beberapa bulan kemudian buku tersebut ada di toko buku seluruh Indonesia. Bukan main senangnya apalagi saat itu masih kuliah.

Kegiatan menulis saya tidak berhenti sampai di situ, ketika mulai bekerja saya tetap menulis dan menerbitkan buku sampai saat ini walupun tidak seproduktif dulu.

Di buku selanjutnya saya menerbitkan di Elexmedia karena waktu itu saya sudah bekerja di Jakarta sehingga tidak perlu lagi ke Jogyakarta.

Setelah bisa menaklukkan penerbit-penerbit besar, saya akhirnya memutuskan untuk membuat usaha penerbitan buku sendiri dibawah CV Kawananu.

Saya ingin tetap menulis dan berbagi ke semua orang sekaligus terus melatih kemampuan menulis saya.

Singapore, 13 June 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *