Dulu saat kuliah tingkat satu, salah satu mata kuliah yang menjadi momok buat saya dan sebagian teman-teman adalah mata kuliah dasar komputer belum lagi dasar sistem elektronika. Semuanya terlalu imajiner buat saya. Banyak faktor yang menyebabkan hal ini bisa terjadi ke diri saya dan teman-teman yang lain.

Kenapa menjadi momok buat saya? Salah satu alasannya karena saya kurang informasi alias kurang baca tentang manfaat menguasai bahasa pemrograman ini. Sehingga sampai di tingkat akhir kuliah pun belum merasakan manfaat yang sangat signifikan walaupun tugas akhir saya dibuat dengan menggunakan bahasa C dan PHP.

Saya mulai merasakan manfaat dapat membuat kode program saat bekerja di Ericsson. Begitu banyak hal yang menyangkut pekerjaan saya dapat dengan mudah diselesaikan dengan program atau script yang saya buat.

Saya waktu itu banyak menemui masalah bekerja dengan excel sheet dan akhirnya mulai mendalami bahasa pemrograman lagi yang dulu saat kuliah sangat-sangat membosankan dan menjadi momok buat saya. Sampai-sampai mata kuliah ini harus saya ulang di tahun berikutnya dan bisa lulus dengan nilai sempurna ‘A’. Saya tidak menyangka bisa mendapatkan nilai ‘A’ ini. Waktu itu saya hanya mengulang-ulang soal-soal tahun sebelumnya dan akhirnya bisa menyelesaikan soal ujiannya dengan baik.

Seingat saya, di tingkat akhir saya mencoba untuk belajar Java secara otodidak dengan belajar dari buku-buku berbahasa Indonesia yang saya beli dari Gramedia atau di palasari. Tapi saya frustasi sendiri dan pada akhirnya tidak bisa menghasilkan apa-apa dari belajar dari buku-buku tersebut.

Di tahun-tahun akhir kuliah saya banyak belajar sistem operasi GNU/Linux yang lagi booming-boomingnya tapi belum tertarik melihat kode program yang ada di internal sistem operasinya sendiri.

Saya tidak menyangka bahwa apa yang dulu saat kuliah menjadi momok malah menjadi sesuatu yang sangat penting dalam pekerjaan saya sampai saat ini.

Sesuatu yang dulu sangat tidak disukai sekarang malah sesuatu yang sangat menyenangkan karena mendapat manfaat yang sangat banyak darinya. Alhamdulillah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *