Rasa-rasanya belum bisa ‘move on’ dari Perl. Dari semua program yang saya buat memang lebih banyak menggunakan Perl dibanding Python.

Kira-kira perbandingannya 80-20 persen. Ceritanya hari ini baru menambal bugs yang ada di program statistik saya untuk vDNS dan vAAA. Program statistik ini home made tool untuk keperluan sendiri sebagai bagian dari monitoring system yang saya handle selama ini.

Sangat bermanfaat tentunya untuk proses troubleshooting jika ada masalah di system.

Berikutnya saya masih ada tiga tipe system lagi yakni SGSN-MME, EPG, dan AMF, SMF, dan UPF (5G) yang belum selesai saya buatkan program untuk mengolah raw data dalam format XML menjadi grafik.

Untuk VDNS dan vAAA di atas sebenarnya sudah selesai sejak lama namun ada bug yang baru saya temukan sehingga harus ditambal. Bug-nya yakni jika ada sequence tanggal dan jam yang hilang berarti di grafiknya harus terputus juga tapi oleh GNUPlot dibuat tersambung dan satu lagi jika dari salah satu payload server down berarti tidak ada data yang digenerate oleh payload server tersebut sehingga di grafiknya juga harusnya terputus namun GNUPlot tetap membuat tersembung.

Untuk mengatasi bug di atas, saya menggunakan pendekatan baris kosong dan NaN. Kedua indikator ini dapat diterjemahkan oleh GNUPLot.

Singapore, 26May2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *