Saat ini saya sedang melanjutkan buku tentang bahasa pemrograman Python yang sempat tertunda sejak tahun lalu karena berbagai alasan.

Sebelum vakum, sekitar 71 halaman telah selesai saya tulis. Tinggal melanjutkan saja materinya. Belum ada target berapa total halaman dan kapan waktunya akan saya terbitkan. Jika saya rasa cukup, saya akan berhenti di sana.

Seperti biasa, buku ini rencananya akan dterbitkan oleh penerbit Kawananu Bandung yang tidak lain adalah usaha penerbitan saya sendiri.

Untuk percetakannya, saya sudah memiliki rekanan percetakan yang juga di Bandung.

Untuk menulis buku, biasanya saya mengumpulkan banyak buku referensi terbaik untuk memperkaya tulisan yang sedang saya kerjakan selain tentunya referensi dari situs online seperti dokumentasi resmi, stackoverflow, dan banyak lagi.

Lihat saja photo di atas. Buku-buku tersebut saya beli saat memulai menggunakan bahasa pemrograman Python untuk menulis kode program beberapa tahun lalu. Di kemudian hari, buku-buku ini menjadi referensi saya dalam menulis buku.

Saya senang membeli buku berkualitas berdasarkan rekomendasi banyak orang untuk mendapatkan konsep yang terstruktur dari sebuah ilmu yang ingin saya dalami. Dengan buku, penulisan materi tentu saja terstruktur rapi sehingga dapat memahami konsep dari dasarnya.

Sama halnya saat saya menulis buku tentang bahasa pemrograman Perl, Debian GNU/Linux dulu. Saya membeli buku-buku terbitan luar negeri yang saya anggap bagus. Kebiasaan ini berlanjut sampai sekarang untuk menghasilkan buku yang bermutu versi bahasa Indonesia.

Buku yang saya tulis selama ini selain bertujuan untuk berbagi ilmu juga sebagai referensi utama saya juga. Jika saya lupa sebuah hal, pastinya saya dapat merujuk ke buku tersebut sehingga sangat menghemat waktu bukan?

Seperti biasa, buku yang saya tulis menggunakan LaTeX typesetting untuk menjaga konsistensi format tulisan. Saya tidak menggunakan word processing seperti Microsoft word, openoffice, abiword, libre office, dan lain sebagainya.

Berikut gambar LaTeX editor yang saya gunakan di Fedora Linux desktop.

Saya mulai tertarik mendalami bahasa pemrograman Python ini ketika pertama kali berkenalan dengan library pandas. Sangat powerful terutama saat bekerja dengan data.


Singapore, 29-November-2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *